Saturday, September 28, 2013

Makna Kesuksesan

        Selamat siang.. siang ini saya akan membahas tentang kesuksesan seseorang. pertama-tama saya ingin bertanya, yang dimaksud dengan kesuksesan itu seperti apa sih? apakah memiliki harta yang berlimpah? memiliki penghargaan yang banyak? terkenal di mana-mana? atau berhasil membuat impian menjadi nyata? mungkin pengertian sukses itu bermacam-macam ya, tergantung dari sudut pandang masing-masing orang. Lalu bagaimana cara kita mencapai kesuksesan? hemm.. banyak jalan yang bisa dilakukan, tinggal pilih mau jalan Instan atau jalan Siput? hehe..

         Jalan instan itu adalah jalan kita buat sukses dengan cara cepat, misalnya kita korupsi, menipu, sogok sana sini, dll. tentunya jalan ini sangat kotor dan merugikan orang lain ya? tapi yang membuat saya heran itu adalah mengapa kebanyakan yang menggunakan jalan ini adalah orang-orang pintar dan berpendidikan? semakin tinggi jabatan orang itu, maka semakin mudah juga dia melakukan tindakan kotor itu. Tapi kenapa ya? kan gajinya udah gede, ya lebih lah untuk membiayai hidup keluarganya. tapi kenapa dia masih korupsi? ibaratkan saja ya, gaji orang itu sebesar Rp. 5.000.000,- per bulan, dia merasa gajinya itu kurang untuk kebutuhan keluarganya. lalu dia korupsi yang nilainya sampai ratusan juta atau mungkin milyaran. Kenapa dia tidak memikirkan uang siapa yang dia ambil? mau dipakai untuk apa uang itu ? ya mungkin dia tidak perduli ya? coba kalau kita tengok orang-orang kecil yang ada disekitar kita. contohkanlah seorang pemulung. dalam sebulan mungkin dia hanya mendapatkan uang sebesar Rp.300.000,- tapi ia mampu memberi makan keluarganya sampai tetap hidup tuh? lalu kenapa orang-orang pintar yang korupsi itu merasa gajinya kurang? oya, mungkin karna itu faktor manusia yang tidak pernah merasa cukup.

         Jaman sekarang apapun bisa dibeli dengan uang. mulai dari jabatan, kepercayaan, bahkan harga diri pun bisa dibeli. Sungguh sangat luar biasa ya kesaktian uang? orang baik bisa menjadi jahat karna uang, begitupun sebaliknya. Uang mungkin akan berkata "Aku dibuat untuk melayani manusia, tapi mengapa manusia yang melayani Aku, dan bahkan manusia menyembah-nyembah Aku? Aku sangat rapuh, tapi Aku dapat membuat manusia saling membunuh hanya untuk mendapatkanku." ya perkataan uang itu ada benarnya juga sih. Manusia sekarang sudah di perbudak oleh uang. Mereka bekerja keras untuk mendapatkan uang. Apapun akan dilakukan, seperti mencuri, merampok, menipu, dll. mengapa manusia rela mati-matian untuk mendapatkan uang? karna uang dapat membuat mereka senang, membuat mereka cantik, dan membuat mereka di segani orang yang tak memiliki uang.

         Memang begitu kondisinya sekarang, mau apa lagi? itu semua kan tergantung dari diri kita masing-masing ya? oke selanjutnya kita bahas sukses lewat Jalan Siput. Sukses dengan cara ini memang agak lama ya, mungkin diperlukan waktu bertahun-tahun. dari masih muda sapai sudah keriput, baru dia merasakan kesuksesannya. Dengan usaha yang gigih dan konsisten dengan tujuan yang sebenarnya, orang dapat sukses dengan jalan ini. ya kelemahannya itu memang butuh kerja yang sangat keras dan juga waktu yang cukup lama. Tapi inilah kesuksesan yang sebenarnya, di rintis dari NOL sampai mendapatkan SERATUS. mana ada sukses itu praktis dan cepat? Sukses itu dimana-mana repot, kalo gak mau repot ya jangan mimpi jadi orang sukses!

         Seringkali kita berpikir, Mungkin gak sih kita bisa sukses seperti mereka? hmm.. Ingat ya, gak ada yang gak mungkin di dunia ini. Kalau kita sadar, banyak kok orang-orang yang gak kita sangka-sangka bisa menjadi sesuatu yang lebih dari kita. contohnya, ada tukang becak yang berhasil menjadi duta lingkungan hidup, padahal ia hanya lulusan sekolah dasar. bahkan dia berhasil mendapatkan berbagai macam penghargaan. Ada lagi contohnya tukang sayur yang dapat menyekolahkan anaknya sampai sarjana. wow, padahal hanya tukang sayur kan? bahkan mungkin ada orang yang lulusan S1 tapi tidak bisa membiayai anaknya sampai kuliah. hemm.. apa itu tergantung keberuntungan? Yang jelas, dengan usaha yang kita lakukan, kita mungkin dapat membuat sebuah perubahan dalam hidup kita. bukannya tidak mungkin suatu saat kita berhasil mendapatkan apa yang kita impi-impikan. Ayah saya selalu berkata, "KALAU ORANG LAIN SAJA BISA, KENAPA KITA TIDAK??"

           Demikian mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan, karena saya selalu memikirkan apa yang tidak saya tau, maka saya putuskan untuk menulisnya. dari pada bingung sendiri iya kan? kalau anda punya pendapat, silahkan komen. gratis kok :)

0 comments:

Post a Comment